Monday, March 31, 2014

Tommy Candra

Kelebihan/Kekurangan Membeli Rumah Baru atau Bekas


Kelebihan/Kekurangan Membeli Rumah Baru atau Bekas
Rumahminimalist-id.blogspot.com - Memilih rumah baru atau bekas sebelum membeli rumah. Saat ini iklan perumahan banyak kita jumpai. Baik media cetak maupun dunia maya. Rumah yang ditawarkan tidak hanya rumah baru namun juga rumah yang telah dihuni sebelumnya atau rumah bekas. Terkadang orang sangat kebingungan untuk memilih rumah, mereka bingung diantara membeli rumah baru atau bekas. 


Supaya anda tidak salah mengambil keputusan untuk membeli rumah baru atau bekas, sebaiknya anda dan pasangan anda tahu dulu kelebihan serta kekurangan yang dimiliki rumah baru maupun rumah bekas. Berikut ini pertimbangan untuk membeli rumah baru atau bekas:

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan bagi anda yang sedang berburu rumah idaman dan bimbang memilih rumah baru atau bekas :

Rumah baru
Sebaiknya anda melihat lokasinya terlebih dahulu supaya anda tidak salah memilih jika anda akan membeli rumah baru. Jangan sampai anda membeli rumah yang rawan banjir, oleh karena itu pastikan terlebih dahulu jika daerah tersebut tidak rawan banjir dan pilihlah rumah yang tidak menyalahi rencana tata ruang wilayah. Pilihlah rumah yang mempunyai fasilitas lengkap. Misalnya listrik, jaringan telpon, alat pemadam kebakaran, pengelolaan air limbah, taman dan lainya.
Kelebihan :
Bahan bangunan dapat diketahui dari spesifikasi
Desain dan bentuk bangunan dapat dipilih sesuai dengan yang diinginkan
Membutuhkan biaya penyempurnaan yang sedikit
Lebih mudah dirawat
Fasilitas lingkungan baru
Pembelian lebih murah. hanya ke pengembangan dan bank, atau membeli langsung dari penjual secara tunai.
Nilai investasi baik.
Kekurangan :
Lokasinya cendrung jauh dari pusat aktivitas
Saat membeli, bangunan belum berdiri.
Lingkungan baru biasanya belum terbentuk dan membutuhkan waktu lumayan lama untuk benar-benar hidup.
Fasilitas umum dan kawasan bisnis belum tentu tersedia
Pajak relatif lebih mahal.
Resiko inverstasi lebih besar.
Sosialisasi belum berjalan normal.

Rumah bekas
Belum tentu rumah second itu tidak bagus dan kurang menarik. Rumah second akan lebih bagus dari rumah baru jika mempunyai fasilitas yang lengkap serta ada di lokasi yang prospektif. Pilihlah lokasi rumah yang menguntungkan, misal jangan membeli rumah second yang berdekatan dengan tempat kuburan atau pembuangan sampah.
Kelebihan :
Bangunan sudah berdiri
Lingkungan sosial sudah terbentuk
Infrastruktur kawasan sudah tersedia.
Harga bangunan dan rumah dapat ditawar, terutama jika pemilik butuh uang
Bangunan dapat langsung ditempati setelah transaksi.
Pajak relatif lebih murah
Resiko investasi kecil
Pembeli lebih cepat beradaptasi dikarenakan fasilitas yang sudah ada
Kekurangan :
Tidak banyak pilihan pada tipe, lokasi, harga jual. 
Desain banguan sudah ketinggalan zaman
Mengeluarkan biaya perbaikan dan perawatan.
Dibutuhkan renovasi untuk mengubahnya.
Kekuatan kontruksi rumah jika suidah melebihi 20 tahun akan menurun.
Nilai bangunan munurun dalam waktu 20 tahun
Pembeliannya sedikit lebih rumit daripada rumah baru, dikarenakan sertifikat serta legalitas tanah dan bangunan perlu dicek terlebih dahulu. 

Dalam mencari rumah berlaku hukum 100 10 3 1
�Rumus itu berarti dari seratus rumah yang di-survey pilihlah sepuluh yang terbaik. Lalu, perkecil lagi menjadi 5 dan dari kelima kandidat rumah tersebut pilih satu yang menjadi rumah pilihan Anda. Jadi janganlah berpedoman pada satu rumah saja,� katanya. Terlepas dari rumah baru atau second, keduanya sangatlah jelas memiliki keunggulannya masing-masing. Rumah baru bukanlah berarti tidak potensial. Maka dari itu, bagi Anda yang lebih cenderung suka pada primary house, pilih lokasi yg berkembang, seperti dekat dengan fasilitas umum misalnya.
Diolah dari berbagai sumber.
Sekian update informasi yang dapat kami berikan kali ini seputar Artikel Tips Membeli Rumah: Kelebihan/Kekurangan Memiliki Rumah Baru atau Bekas. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Salam.